May 03 2010

Klarifikasi berita tentang laut tidak melepaskan karbon lagi

Published by at 5:15 pm under Uncategorized

Beberapa media cetak serta situs-situs internet memuat berita berdasarkan berita yang dikeluarkan oleh situs IPB pada tanggal 21 April 2010. Berita ini adalah hasil serial discussion yang diselenggarakan oleh Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan, tentang apakah laut sebagai penyerap atau pelepas karbon?

Link berita dapat dilihat pada alamat berikut:

http://www.ipb.ac.id/?b=1565

Ada dua hal yang ingin saya klarifikasi, mengenai pemberitaan ini yaitu:

1. Ada tiga fasa berkaitan dengan siklus karbon di laut. Pertama, sebelum era revolusi industri Laut Global berfungsi sebagai pelepas, bukan penyerap seperti dalam berita tersebut. Kedua, dengan bertambahnya emisi CO2 di atmosfer, maka laut mencari kesetimbangan baru sehingga menjadi penyerap karbon. Ketiga, ada temuan ilmiah bahwa tingkat efisiensi penyerapan karbon oleh laut telah menurun. Jadi dalam konteks ini, laut sedang mencari kesetimbangan baru lagi. Dengan demikian, masa ini sedang menuju kepada fasa ketiga, dimana laut akan berbalik menjadi pelepas karbon kembali. Jadi, perlu intervensi besar-besaran terhadap pembatasan emisi CO2 di atmosfer. Laut dalam hal ini lebih berfungsi sebagai penerima dampak, sehingga melakukan penyesuaian kesetimbangan.

2. Istilah Carbon Development Mechanism seharusnya ditulis Clean Development Mechanism (CDM) atau Mekanisme Pembangunan Bersih.

Demikian, klarifikasi saya buat tentang berita yang sudah terlanjur beredar. Terima kasih.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi pada e-mail:

alan(at)ipb.ac.id

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.